Sejarah panjang sepak bola

4-sejarah-panjang-sepak-bola

Sejarah sepak bola modern sudah berlangsung selam a150 tahun. Semuanya dimulai tahun 1863 di Inggris, ketika asosiasi sepak bola dan asosiasi rugby saling memisahkan diri ke arah yang berbeda dan di saat itulah asosiasi sepak bola pertama di dunia dibentuk, Football Association. Kedua jenis sepak bola ini berakar dari asal yang sama dan sudah ada sejak lama sekali. Latar belakang awal mereka memang sulit ditebak karena kurangnya dokumentasi dan pencatatan pada tahun itu, berbeda dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini di mana video dan juga catatan modern lainnya sudah berkembang.

Sebuah bukti ilmiah pertama yang pernah ditemukan mengarah ke abad ke 2 sebelum masehi di Cina. Tsu Chu adalah olah raga pertama di Cina yang digunakan sebagai sarana berlatih militer. Olah raga ini terdiri dari menendang bola kulit yang diisi dengan bulu dan rambut yang berukuran sekitar 30-40 cm diameternya, dan bola itu harus dimasukkan ke dalam sebuah gawang yang terbuat dari bambu.

Variasi dari latihan ini juga ada, di mana pemain tidak boleh mengarahkan bola dengan menggunakan tangan, tetapi mereka harus menggunakan kaki, dada, punggung dan bahu ketika berusaha menyerang lawan mereka. Dalam kegiatan ini belum ada taruhan bola. Penggunaan tangan tidak diizinkan.

Jenis lainnya juga berasal dari budaya timur, dan itu adalah olah raga Kemari dari Jepang, yang berusia 500 atau 600 tahun lebih tua dari olah raga bola versi Cina. Sebuah catatan bersejarah juga menyebutkan bahwa pertandingan internasional pertama sempat diadakan dalam olah raga Kemari ini. Faktanya, inilah olah raga pertama yang dimainkan antar negara pada waktu itu.

Meski sumber paling terkenal mengatakan bahwa Inggris adalah asal muasal sepak bola modern, faktanya banyak sekali tempat lain juga yang memiliki sejarah tentang olah raga yang dipercayai jadi cikal bakal olah raga sepak bola modern saat ini. Dari mana pun asal muasal permainan ini, sepak bola tetaplah jadi permainan yang paling dicintai oleh masyarakat modern pada saat ini.

Related Posts:

  • No Related Posts